Blog


Bersihin Kantong Belanja Yuk!

Bersihin Kantong Belanja Yuk!

Dipublikasikan oleh Awanda Santoso 1 year ago - 2 min reads
Bersihin Kantong Belanja Yuk!

Saat ini, sudah banyak masyarakat yang sadar akan dampak buruk penggunaan plastik bagi lingkungan hidup. Beberapa negara bahkan mulai membatasi aturan kantong plastik dalam kehidupan sehari dan menyarankan untuk beralih ke kantong belanja yang dapat digunakan kembali (bukan sekali pakai). Alternatif ini tentu sangat membantu mengurangi kerusakan alam dan mengembalikan keseimbangan ekosistem. Namun sayangnya menurut survey hampir 70% masyarakat yang menggunakan kantong belanja tidak pernah membersihkannya.

Kantong belanja seringkali diletakan di tempat gelap dan lembap seperti bagasi mobil dan lemari kabinet yang mengakibatkan tumbuhnya jamur dan bakteri.Dengan membersihkannya secara rutin dan menaruh di tempat yang kering, kantong belanja jadi lebih awet. Selain itu, membersihkannya juga dapat menghindari kontaminasi silang dari bahan makanan sehingga menghindari terjadinya kemungkinan keracunan. Kamu juga dapat mengurangi perpindahan penyebaran virus dan bakteri penyebab penyakit yang menempel pada kantong belanja loh!

Berikut adalah 3 cara terbaik membersihkan kantong belanja sesuai dengan bahannya:

Pisahkan berdasarkan bahan

Bahan seperti polypropylene harus dicuci menggunakan air dingin dengan mesin cuci, sedangkan bahan nilon, katun, dan serat bambu sebaiknya dicuci tangan dan menggunakan air hangat agar tidak merusak struktur bahannya.

Gunakan deterjen berbahan lembut

Hindari untuk gunakan pemutih pakaian, karena pemutih dapat membuat bahan kantong belanja menjadi rusak permanen. Sebaiknya rendam kantong belanja pada baskom yang telah dicampur air dan deterjen untuk mengeluarkan kotoran yang menempel sebelum mulai dicuci.

Keringkan dan simpan ditempat yang kering

Setelah selesai mencuci, keringkan dengan benar di bawah sinar matahari hingga tidak ada tetesan air barulah disimpan ditempat yang kering. Hindari menyimpan kantong belanja yang masih lembap agar tidak ditumbuhi jamur. Kamu juga tidak disarankan untuk menyetrika kantong belanja terutama yang berbahan nilon karena tidak tahan panas, sebaiknya kantong belanja cukup dilipat dengan rapih saja.

Disarankan untuk selalu mencuci kantong belanja sehabis digunakan terutama kantong khusus makanan basah untuk menghindari kontaminasi silang. Jika kantong hanya khusus untuk meletakan belanjaan yang kering, kamu dapat mencucinya seminggu sekali saja.