Blog


Bukan Hanya Untuk Hiasan, Ini 3 Fungsi Utama Keset

Bukan Hanya Untuk Hiasan, Ini 3 Fungsi Utama Keset

Dipublikasikan oleh Awanda Santoso 2 years ago - 2 min reads
Bukan Hanya Untuk Hiasan, Ini 3 Fungsi Utama Keset

Keset merupakan benda esensial yang wajib ada di setiap hunian,fungsi utama keset bukan hanya untuk mempercantik pintu masuk rumah saja tetapi juga memiliki manfaat fungsional untuk menjaga rumah tetap bersih, aman dari kotoran, dan juga menyenangkan dilihat secara visual. Sayangnya masih banyak orang Indonesia yang menganggap sepele kegunaan keset sehingga asal dalam memilihnya yang paling parah adalah menggunakan lap atau kain bekas seperti pakaian yang tidak terpakai lagi. Padahal keset harus memiliki daya serap yang baik agar air tidak merembes ke bagian bawah dan membuat lantai menjadi licin. Kain atau lap bekas tidak memiliki kemampuan ini sehingga kurang cocok digunakan sebagai keset. Oleh karena itu, kita harus memilih bahan yang baik dan sesuai karena sejatinya terdapat 3 fungsi utama pada keset:

  • Meminimalisir debu dan kotoran yang masuk ke dalam rumah

Beranda rumah merupakan tempat paling pertama yang harus ditaruh keset karena berfungsi untuk meminimalisir debu dan kotoran dari luar yang menempel pada kaki. Selain itu, menaruh keset depan rumah dapat menambah kesan rapi dan bersih pada rumah. Bahan keset yang paling cocok untuk diletakkan di depan rumah adalah yang terbuat dari sabut kelapa atau karet karena mudah kering dan tidak licin.

  • Mencegah lantai kotor terkena tumpahan air atau minyak

Tempat berikutnya yang harus ditaruh keset adalah dapur dan kamar mandi. Kedua tempat tersebut berpotensi menimbulkan banyak noda pada lantai sehingga keset dengan bahan pvc dan handuk sangat cocok digunakan karena memiliki daya serap yang baik untuk mengelap tumpahan air dan minyak tersebut.

  • Mengurangi resiko cidera terpeleset akibat lantai yang licin

Kecelakaan yang paling sering terjadi di dalam rumah adalah cidera terpeleset yang dapat disebabkan oleh lantai yang licin. Meletakkan keset dalam rumah dapat mencegah hal tersebut terjadi karena air maupun minyak yang tumpah ke lantai dapat langsung di lap dengan keset tersebut.

Itulah ketiga fungsi utama meletakkan keset di rumah. Meskipun terlihat sepele namun sangat diwajibkan untuk memiliki setidaknya 5-6 buah keset di rumahmu untuk cadangan.