Blog


Cara Menghilangkan Sisa Lem Stiker

Cara Menghilangkan Sisa Lem Stiker

Dipublikasikan oleh Awanda Santoso 1 year ago - 2 min reads
Cara Menghilangkan Sisa Lem Stiker

Pernah ga sih kamu beli barang yang memiliki label berupa stiker? Ketika kamu berusaha untuk melepaskannya akan tersisa residu yang menempel pada lapisan atas permukaan barang yang lengket dan sulit dihilangkan. Meskipun demikian, jangan terburu-buru untuk mengikisnya secara paksa apalagi menggunakan pisau atau alat tajam lainnya. Cara tersebut bisa saja malah merusak permukaan benda, alih-alih menghilangkan residu stikernya. Lebih baik kamu mengikuti tips di bawah ini untuk mencari tau cara menghilangkan sisa lem stiker dengan aman!

Air Panas

Ini merupakan cara menghilangkan sisa lem stiker yang paling mudah jika barang tersebut tahan air. Kamu hanya perlu menyiapkan wadah berisi air panas yang telah dicampur dengan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalamnya. Setelah itu, masukan benda yang diinginkan dan biarkan beberapa saat sampai sisa residu melunak. Terakhir, gosok menggunakan jari atau spons pencuci piring hingga bersih.

Pengering Rambut (Hairdryer)

Atur suhu pada pengering rambut hingga udara yang dihasilkan terasa panas lalu arahkan pada residu stiker. Lakukan hal ini sampai lemnya terasa longgar dan mudah untuk diangkat. Terakhir, gosok dengan kain atau jari hingga residu yang menempel hilang sepenuhnya.

Alkohol

Alkohol merupakan salah satu cairan pembersih yang aman dan efektif untuk membersihkan benda yang berbahan dasar plastik, kayu, dan kaca. Cara penggunaan pun cukup mudah, kamu tinggal membasahi handuk atau lap dengan alkohol, lalu gosok permukaan yang diinginkan sampai bersih. Khusus untuk noda residu yang membandel, kamu dapat meletakkan lap yang telah dibasahi alkohol pada residu yang ingin dihilangkan dan mendiamkannya selama beberapa saat sebelum dibersihkan.

Minyak Goreng

Mengoleskan minyak goreng dapat membantu melunakkan sisa residu stiker. Setelah dirasa telah lunak, kamu bisa menggosoknya menggunakan handuk atau jari sampai bersih. Jangan lupa untuk membersihkan sisa minyak yang menempel pada permukaan benda.

Nah, itulah cara menghilangkan sisa lem stiker paling efektif yang dapat kamu coba praktekkan sendiri di rumah. Menurutmu, tips manakah yang paling efektif?

Untuk tips bersih-bersih lainnya kamu dapat melihatnya disini (Artikel Tukang Bersih)