Blog


Taukah Kamu Rumah Mencerminkan Kepribadian Pemiliknya?

Taukah Kamu Rumah Mencerminkan Kepribadian Pemiliknya?

Dipublikasikan oleh Awanda Santoso 1 year ago - 2 min reads
Taukah Kamu Rumah Mencerminkan Kepribadian Pemiliknya?

Rumah memiiki kesan yang istimewa bagi orang yang meninggalinya karena menjadi tempat menghabiskan banyak waktu. Itulah mengapa kondisi dan karakteristik nuansa dari suatu tempat tinggal sangatlah erat dengan karakter dari pemiliknya. Misalnya saja, ada orang yang merasa lebih kreatif tinggal di dalam rumah yang berantakan, namun ada juga yang merasa sebaliknya karena akan merasakan kecemasan dan gangguan panik ketika rumah dan ruangan tidak tertata dengan baik. Melalui artikel ini kita akan membahas lebih dalam mengenai rumah mencerminkan kepribadian pemiliknya.

  • Mental Health

Melihat kondisi rumah yang berantakan mungkin kebanyakan orang berpikir akan kurangnya waktu untuk membersihkannya dikarenakan terdapat kesibukan lain. Namun ternyata masalahnya lebih besar dari itu dan terkadang berpengaruh pada kondisi kejiwaan seseorang. Ada banyak kasus dimana orang tidak dapat berpisah atau membuang benda-benda yang terlihat sepele dan bahkan menyerupai tumpukan sampah sehingga terjadi penimbunan yang berlebihan. Kebalikannya, ada yang mengalami gangguan obsesif-kompulsif (OCD) dimana seseorang sangat takut akan kotoran sehingga harus terus membersihkan ruangan atau perabotan sekitar secara berlebihan. Kita dapat langsung mengetahui masalah kejiwaan seseorang hanya dengan melihat kondisi rumahnya.

  • Personality

Ketika berbicara mengenai rumah mencerminkan kepribadian pemiliknya, ada 2 tipe orang dalam kasus ini: Tipe yang pertama adalah yang lebih santai dan merupakan seorang pemikir yang kreatif. Tipe orang seperti ini biasanya akan membiarkan barang mereka seolah tampak berantakan dan saling tumpang tindih, namun anehnya mereka tahu persis dimana letaknya sehingga tidak kesulitan dalam mencarinya ketika butuh. Bahkan seorang psikoanalisis, Sigmund Freud, pernah mengatakan untuk tidak membereskan barang-barangnya yang berserakan agar ia selalu tau letaknya. Tampaknya tipe orang yang seperti ini selalu berfokus pada ide, pengalaman, dan kreativitas dibandingkan dengan hasil dari sebuah pencapaian. Sedangkan tipe orang yang ingin kondisi rumahnya rapih adalah tipe yang cenderung teratur, terorganisir, dan perfeksionis ketika bekerja. Tidak mengherankan bila pekerjaan yang mereka lakukan dapat membuahkan hasil yang baik karena mereka selalu serius dalam semua hal yang dikerjakan. Menaruh barang-barang pada tempatnya membuat mereka dapat mengontrol pekerjaan, emosi, dan psikologis mereka.

Ada manfaat yang dirasakan oleh sebagian orang ketika ruangan tempat ia berada seperti contohnya kecerdasan emosi kognitif. Namun ada baiknya untuk tetap membersihkan rumah setelah kamu mengerjakan sesuatu. Hal ini dikarenakan rumah yang berantakan bisa mendatangkan banyak kuman dan kamu tentu tidak mau jatuh sakit karenanya bukan?