Blog


Inilah 4 Kota dengan Toilet Terbersih di Dunia!

Inilah 4 Kota dengan Toilet Terbersih di Dunia!

Dipublikasikan oleh Awanda Santoso 1 year ago - 2 min reads
Inilah 4 Kota dengan Toilet Terbersih di Dunia!

Pandemi Covid-19 telah memberikan pelajaran berharga mengenai pentingnya sanitasi dan kebersihan, terutama pada ruang publik seperti toilet. Tetapi permasalahan utamanya adalah fasilitas umum tentu lebih sulit untuk dibersihkan karena ada banyaknya orang yang datang dan menggunakannya. Akibatnya, toilet umum sering diidentifikasikan sebagai tempat yang kotor, bau, dan tidak higienis. Namun ternyata 4 kota di bawah ini memiliki fasilitas toilet umum yang memadai sehingga berhasil menggeser stigma tersebut. Yuk sama-sama kita simak artikel berikut ini untuk mengetahuinya!

Tokyo, Jepang
Ketika membicarakan fasilitas umum seperti toilet, Tokyo benar-benar melampaui ekspektasi kebanyakan orang. Tidak hanya karena tempatnya yang sangat bersih dan nyaman, mereka juga menggabungkannya dengan kemajuan teknologi. Terdapat 3 alasan utama mengapa Tokyo layak mendapatkan peringkat satu dalam kategori ini. Pertama, bidet toilet mereka memiliki beberapa tombol untuk menyesuaikan tekanan dan sudut air yang diinginkan pengguna. Kedua, terdapat tombol lain untuk mengaktifkan suara yang berfungsi menyamarkan suara buang air. Yang terakhir bagi ibu-ibu yang membawa bayi, terdapat banyak sekali toilet di Tokyo yang menyediakan fasilitas kursi bayi. Oiya, tissue bekas pakai dapat langsung dibuang ke dalam kloset loh disini sehingga kebersihan toilet jadi tetap terjaga.

Mumbai, India
Mungkin tidak terpikir oleh kebanyakan orang bahwa India memiliki fasilitas toilet umum yang cukup mengesankan. Lightbox adalah toilet umum khusus wanita yang dibangun pada tahun 2016 di Mumbai. Konsep bangunan ini mengusung tema ruang publik yang aman untuk wanita dan dirancang senyaman mungkin karena terdapat di sekitaran area pepohonan. Lightbox memiliki 4 kubikel toilet serta ruang tunggu yang juga berfungsi sebagai galeri. Tempat ini juga dilengkapi dengan spot charger untuk handphone, sistem alarm, dan mesin penjual otomatis untuk produk sanitasi wanita seperti tampon dan pembalut.

Zurich, Switzerland
Semua toilet umum di Zurich memiliki fasilitas yang bukan hanya sangat bersih dan lengkap tetapi juga memiliki sirkulasi udara yang baik demi kenyamanan pengguna. Terdapat petugas yang siap siaga untuk menjaga tempat ini agar tidak kotor. Selain itu, toilet umum yang khas dengan modelnya yang didominasi dengan bahan alumunium ini sangat mudah ditemukan karena jumlahnya yang banyak dan strategis. Sayangnya, fasilitas ini berbiaya sekitar 2 CHF (Swiss Franc) yang harus dikeluarkan untuk memasuki toilet umum di Zurich.

Stockholm, Swedia
Stockholm memiliki area toilet yang sangat luas, terawat, dan bersih. Kebanyak toilet umum di sana memiliki pintu setinggi langit-langit yang berfungsi untuk menjaga privasi penggunanya. Bahkan di beberapa daerah terdapat wastafel yang diletakkan di dalam toilet. Namun, seperti halnya Zurich, toilet umum di Stockholm juga kebanyakan berbayar tergantung pada areanya.

Sayang banget ya, kebanyakan toilet umum di Indonesia belum sebersih itu dan masih banyak yang harus dibenahi oleh pemerintah kita soal regulasi dan kebersihannya. Yuk kita turut bantu menjaga kebersihannya demi kepentingan bersama!