Blog


Cairan Pembersih Berpotensi Membuat Keramik Rumahmu Rusak Loh, Kok Bisa?

Cairan Pembersih Berpotensi Membuat Keramik Rumahmu Rusak Loh, Kok Bisa?

Dipublikasikan oleh Abraham Liauw 7 months ago - 2 min reads
Cairan Pembersih Berpotensi Membuat Keramik Rumahmu Rusak Loh, Kok Bisa?

Cairan pembersih porselen sangat efektif untuk menghilangkan noda dan bakteri yang menempel pada peralatan rumah tangga seperti lantai kamar mandi, wastafel dan perabotan lainnya yang berbahan dasar keramik. Selain karena harganya yang cukup tejangkau dan mudah didapat, porstex menjadi salah satu cairan pembersih paling populer yang diandalkan masyarakat untuk membersihkan kerak dan noda yang sulit hilang jika hanya dibersihkan dengan sabun cuci biasa. Penyebabnya, karena porstex mempunyai kandungan asam kuat (HCL) sebanyak 20% yang membuatnya jadi bersifat sangat korosif sehingga disarankan untuk kamu memakai sarung tangan saat membersihkan perabotan dengan porstex untuk menghindari kontak langsung dengan cairannya.

Selain dapat melukai kulit, sifat korosif dalam asam kuat yang terkandung dalam porstex juga dapat merusak keramik jika tidak digunakan sesuai petunjuknya. Direkomendasikan untuk mencoba porstex pada permukaan lantai yang kecil terlebih dahulu untuk pemakaian pertama, agar kamu dapat melihat apakah ada tanda kerusakan pada keramik atau tidak. Keramik yang tidak cocok dengan cairan pembersih yang mengandung asam kuat akan memudar warnanya dan menimbulkan bercak putih yang sulit dihilangkan, apalagi jika perabotan keramikmu berwarna mencolok maka bercak putih tersebut pasti dapat terlihat dengan jelas. Jika hal tersebut terlanjur terjadi, langkah satu-satunya kamu harus mengganti keramik tersebut dengan yang baru, karena warna pada keramik tidak dapat dikembalikan lagi.

Penggunaan porstex sebagai pembersih perabotan berbahan dasar keramik sebaiknya tidak digunakan setiap hari secara rutin untuk meminimalisir kerusakan yang mungkin ditimbulkan. Ada juga beberapa jenis keramik seperti tegel yang sama sekali tidak boleh dibersihkan dengan porstex maupun cairan pembersih lain yang mengandung asam kuat. Cukup gunakan cairan pembersih ini selama setengah jam dan segera bilas dengan air mengalir sampai bersih untuk mencegah korosi pada perabotanmu. Ada baiknya sesekali kamu menggunakan alternatif pembersih lain yang berbahan dasar natural seperti baking soda.

Selalu berhati-hati ya dalam menggunakan cairan pembersih yangs mengandung asam kuat agar perabotan keramikmu selalu awet dan terjaga dengan baik.


More Blogs
Lomba Kebersihan
Lomba Kebersihan
1 month ago - 2 min reads