Blog


Lomba Kebersihan

Lomba Kebersihan

Dipublikasikan oleh it tukangbersih 1 month ago - 2 min reads
Lomba Kebersihan

Bandung – Senin, 25 Nopember 2013 terlihat pemandangan yang berbeda pada setiap sudut ruangan di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara (KPKNL) Bandung. Seluruh ruangan tertata rapi dan bersih, bunga dalam pot dan tanaman hias terpajang hampir di setiap ruangan. Pada hari itu akan diadakannya penilaian LOMBA KEBERSIHAN DAN KERAPIHAN LINGKUNGAN KERJA ANTAR SEKSI pada KPKNL Bandung oleh Tim Penilai dari Kanwil DJKN Jawa Barat yang dipimpin oleh Sapto Mintarto selaku Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Jawa Barat dan beranggotakan Kepala Bagian Umum dan Kepala Bidang pada Kanwil DJKN Jawa Barat. Adapun yang menjadi kriteria penilaian adalah RINGKAS: keteraturan, ruangan dan berkas pekerjaan sehingga membuat kenyamanan dan efisiensi kerja; RAPI: kerapihan ruangan, dilihat dari penataan meja kerja, kursi, lemari dan barang penunjang kegiatan kerja lainnya; RESIK: kebersihan ruangan sehingga dapat membuat pegawai bersemangat dan sehat; INDAH: keindahan ruangan, dilihat dari penataan sarana pendukung lain dalam upaya memperindah ruangan sesuai estetika tempat kerja.


Dasar kegiatan lomba tersebut adalah dengan dikeluarkannya Budaya Kementerian Keuangan Tahun 2013 point 5 yaitu 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin). Tujuan diadakannya lomba ini secara periodik yaitu membudayakan kebersihan dan kerapihan di lingkungan kerja masing-masing pegawai sehingga pegawai merasa nyaman bekerja di kantor. Lingkungan kerja yang bersih dan rapi tidak hanya memberikan kenyamanan kepada para pegawai saja tapi juga kepada stakeholder yang menggunakan jasa pelayanan KPKNL. Sebagai penambah semangat lomba, Tedy Syandriadi selaku Kepala KPKNL Bandung menyediakan piala bergilir yang akan diperebutkan secara periodik oleh masing-masing seksi/subbag. Piala dimaksud diharapkan menjadi pemicu untuk seksi/subbag yang dinyatakan sebagai pemenang untuk berusaha mempertahankannya dan bagi yang belum beruntung agar selalu berusaha keras menata diri dan ruangannya untuk menjadi bersih dan rapi sesuai kriteria penilaian lomba.


Setelah Tim Penilai Kanwil DJKN Jawa Barat meninjau masing-masing ruangan seksi/subbag pada KPKNL Bandung, akhirnya seksi/subbag yang memperoleh skor penilaian tertinggi adalah Subbag Umum KPKNL Bandung. Namun yang istimewa pada lomba kali ini adalah bahwa setiap seksi/subbag mendapat juara dengan peringkat sesuai skor yang diperolehnya. Di sela-sela acara ada kejutan khusus dari keluarga besar KPKNL Bandung kepada Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat yang berulang tahun ke-59 berupa pemotongan tumpeng nasi kuning sebagai tradisi budaya Indonesia yang perlu juga kita lestarikan karena ada falsafah yang tersirat didalam makna bentuk tumpeng nasi kuning. Kegiatan ditutup dengan penyerahan piala bergilir dan hadiah serta dilanjutkan dengan ramah tamah. (narasi : Wisratno Ekowi dan foto : Deny H/Lino.)