Blog


Sudah Tau Belum Cara Membersihkan Layar LCD TV yang Benar?

Sudah Tau Belum Cara Membersihkan Layar LCD TV yang Benar?

Dipublikasikan oleh Awanda Santoso 2 years ago - 1 min read
Sudah Tau Belum Cara Membersihkan Layar LCD TV yang Benar?

Layar LCD TV merupakan salah satu komponen yang tentunya sangat penting karena memancarkan kualitas gambar untuk dapat kita nikmati. Bagian ini paling sering terkena debu dan kotoran yang semakin lama akan mempengaruhi tidak hanya tampilan gambar namun juga kejernihan suaranya dikarenakan debu dan kotoran yang ada di sekitar dapat masuk ke dalam sela-sela speaker. Kebanyakan orang jarang membersihkan layar LCD TV secara khusus karena dianggap cukup menggunakan perlakuan teknik membersihkan yang sama seperti dengan benda-benda lain.

Ayo kita belajar bersama di dalam artikel ini untuk mengetahui cara yang benar dalam membersihkan layar TV agar menjadi jauh lebih awet!

Biasanya pembersih kaca digunakan sebagai salah satu opsi untuk membersihkan bagian layar LCD karena dianggap memiliki bahan yang sama. Tetapi, tahukah kamu bahwa layar ini mempunyai lapisan khusus pada permukaannya yang dapat rusak secara permanen jika terkena cairan pembersih yang keras? Kamu tetap dapat membersihkannya namun pastikan untuk mengelap bagian permukaannya menggunakan kain yang lembut seperti kain pembersih untuk kacamata misalnya. Jika kamu tidak mempunyainya, kamu juga dapat menggunakan lap microfiber dengan tidak menekan layarnya dengan terlalu kasar dikarenakan lapisan layar dari TV modern kebanyakan terbuat dari plastik yang mudah membuatnya tergores.

Sedikit tips yang perlu kamu ketahui, cairan pembersih untuk layar TV biasanya hanya mengandung 1% bahan aktif dan sisanya hanya terdiri dari air. Maka dari itu, sebenarnya dengan teknik membersihkan yang benar saja menggunakan lap microfiber dan sedikit air sudahlah cukup. Asalkan dikeringkan dengan benar agar tidak menyisakan lembap, maka layar TV tidak akan jadi ditumbuhi jamur.

Pesan mimin, berhati-hatilah dalam membersihkan layar TV meskipun terlihat sepele karena bahan yang digunakan berbeda dengan perabot lain di rumah yang ketahanannya jauh lebih kuat.Yuk mulai perhatikan cara membersihkannya supaya TV kamu lebih awet dan digunakan dengan performa yang maksimal.