Blog


3 Cara Menghilangkan Noda Air Pada Kayu

3 Cara Menghilangkan Noda Air Pada Kayu

Dipublikasikan oleh Awanda Santoso 1 year ago - 2 min reads
3 Cara Menghilangkan Noda Air Pada Kayu

Perabotan yang terbuat dari kayu memang terlihat lebih “estetik” dan apik, misalnya saja meja dan kursi kayu yang diletakkan di taman. Meskipun demikian, perabotan kayu memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dari segi perawatan dibandingkan dengan bahan lainnya. Tetesan air yang merembes dapat menyerap masuk dan meninggalkan jejak noda air sehingga membuatnya menjadi cepat lapuk. Sebelum kamu memutuskan untuk mencari cara menghilangkan noda air pada kayu, ada baiknya melihat karakteristik noda yang ditinggalkan agar pembersihan menjadi maksimal.

Jika noda yang ditinggalkan berwarna bening, kamu dapat langsung membersihkannya dengan kain microfiber biasa. Noda ini dihasilkan dari uap air yang terperangkap pada lapisan atas kayu. Sedangkan jika nodanya berwarna coklat ada kemungkinan air telah sepenuhnya terperangkap dan menyatu dengan perabotan. Namun jangan khawatir, kamu dapat mengikuti tips dengan menggunakan bahan-bahan sederhana di bawah ini sebagai cara menghilangkan noda air pada kayu:

1. Mayones

Kandungan minyak dan lemak pada mayones dapat menghilangkan kadar air serta mengurangi residu noda air yang ditinggalkan. Cara penggunaannya pun cukup mudah karena kamu tinggal mengoleskan mayones pada noda yang ingin dihilangkan, tutupi permukaannya dengan paper towel, dan biarkan semalaman sebelum dibersihkan dengan kain kering keesokan harinya. Metode ini diketahui sebagai salah satu cara menghilangkan noda air pada kayu yang paling efektif!

2. Campuran Minyak Zaitun & Vinegar

Campurkan minyak zaitun dan vinegar dengan perbandingan 1:1 pada sebuah wadah kemudian oleskan larutan tersebut pada noda yang ingin dihilangkan menggunakan lap kain. Pastikan untuk mengelapnya searah dengan serat kayu agar pembersihan dapat dilakukan secara maksimal. Kandungan dalam vinegar berperan untuk menghilangkan noda, sementara minyak zaitun untuk memoles furnitur tersebut agar terlihat kembali seperti baru.

3. Pasta Gigi

Cara menghilangkan noda air pada kayu juga dapat dilakukan dengan membubuhkan pasta gigi dalam jumlah banyak pada kain yang bersih. Gosok noda sampai hilang dengan lembut agar tidak merusak perabotan. Pastikan kamu hanya menggunakan pasta gigi yang berwarna putih saja dan bukan yang bertekstur gel ataupun produk yang memiliki aroma dan warna lain karena mengandung lebih banyak zat flourite sehingga lebih ampuh membersihkan noda tersebut.

Nah itulah beberapa cara menghilangkan noda air pada kayu menggunakan alat dan bahan yang sederhana namun tetap ampuh. Cek juga tips bersih-bersih lainnya dan pelajari lebih lanjut tentang layanan tukangbersih! 

Baca Juga: Ternyata Seperti Ini Cara Membersihkan Kaca Jendela yanng Kotor dengan Cepat