Blog


4 Cara Menghilangkan Karat pada Besi

4 Cara Menghilangkan Karat pada Besi

Dipublikasikan oleh Awanda Santoso 1 year ago - 2 min reads
4 Cara Menghilangkan Karat pada Besi

Seiring berjalannya waktu, perabotan yang terbuat dari logam seperti besi atau stainless steel pasti akan berkarat karena teroksidasi dengan udara dan air. Noda karat ini tentu sangat mengganggu, bukan hanya membuat perabotan kelihatan usang, tetapi juga dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti alergi dan penyakit tetanus. Untungnya membersihkan noda tersebut pada perabotan tergolong mudah, kamu dapat memanfaatkan bahan-bahan sederhana yang tersedia di rumahmu. Yuk simak cara menghilangkan karat pada besi di bawah ini.

Saos Tomat

Kamu pasti tidak menyangka, bahan pelengkap camilan siap saji ini ampuh menghilangkan karat! Oleskan saos ke bagian perabotan yang berkarat dan tunggu selama beberapa detik sebelum dibersihkan dengan kain yang lembap. Ulangi langkah ini ke bagian lainnya yang memiliki noda juga. Terakhir, bilas dan cuci bersih dengan air mengalir dan keringkan dengan lap.

Vinegar (Cuka)

Kandungan asam dalam vinegar terbukti ampuh dan sering digunakan orang-orang sebagai bahan pembersih. Untuk membersihkan noda karat, kamu memerlukan bahan tambahan selain cuka seperti tepung terigu sebagai pengental dan garam yang memiliki sifat abrasif. Pertama-tama campurkan ½ cup cuka dan 1 sendok teh garam sampai larut, campurkan tepung terigu sampai teksturnya berubah menjadi pasta, lalu gosokan campuran ini ke perabotan yang berkarat dan diamkan selama kurang lebih 10 menit sampai mengering. Setelahnya kamu tinggal bilas perabotan dengan air mengalir dan keringkan dengan kain bersih deh!

Lemon & Baking Soda

Kedua bahan ini merupakan pembersih yang efektif apalagi jika disatukan. Kamu hanya membutuhkan setengah buah lemon yang sudah diambil sarinya dan 1 sendok teh baking soda. Campurkan keduanya ke dalam satu wadah dan aduk sampai larut. Gunakan kain bersih untuk mengambil larutan tersebut kemudian gosokan ke bagian yang berkarat. Setelah noda hilang, bersihkan sisa residu dengan lap basah lalu keringkan dengan lap kering.

Bahan alami memang telah dipercaya sebagai salah satu cara untuk menghilangkan karat pada besi yang aman. Yuk coba praktekkan sekarang dan buat perabotanmu semakin kinclong bebas karat. Tips bersih-bersih lainnya dapat kamu klik disini Disini