Blog


Ini Dia Cara Terampuh Membersihkan Lumut Pada Keramik Kamar Mandi

Ini Dia Cara Terampuh Membersihkan Lumut Pada Keramik Kamar Mandi

Dipublikasikan oleh Awanda Santoso 1 year ago - 2 min reads
Ini Dia Cara Terampuh Membersihkan Lumut Pada Keramik Kamar Mandi

Kamar mandi yang lembap merupakan tempat terbaik bagi tumbuhnya lumut, apalagi jika kamar mandi rumahmu tidak memiliki ventilasi yang baik. Selain kurang enak dipandang, Lumut juga dapat merusak perabotan yang ditumbuhinya loh. Tapi tenang aja, kamu dapat memanfaatkan bahan sederhana seperti pemutih pakaian yang merupakan larutan paling ampuh untuk membersihkan lumut pada keramik kamar mandi! Caranya cukup mudah, kamu dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Lap semua permukaan yang ditumbuhi lumut sampai kering. Jangan biarkan ada cairan yang menempel.
  • Campurkan 3/4 cup pemutih pakaian dengan 2-3 liter air, lalu masukan larutan tersebut ke dalam botol spray.
  • Semprotkan ke area yang ingin dibersihkan dan diamkan menyerap selama kurang lebih 5 menit.
  • Bilas dengan air dan biarkan kering dengan sendirinya (tidak perlu di lap lagi).

Untuk membersihkan shower kamu dapat mengulangi langkah 1-3 yang sudah dijelaskan di atas kemudian sikat permukaan yang ditumbuhi lumut menggunakan sikat gigi bekas. Cek kembali lubang pada shower apakah masih ada lumut yang menempel atau tidak. Terakhir, bilas sampai bersih keseluruhan permukaan shower.

Baca juga: Ini 7 Kesalahan Membersihkan Bak Cuci Piring 

Walaupun terkesan mudah namun kamu perlu waspada saat menggunakan larutan ini ya! Hal ini dikarenakan pemutih dapat membuat noda pada kain dan bahan lainnya. Cara terbaik untuk membersihkan lumut pada keramik kamar mandi menggunakan pemutih adalah dengan melepaskan semua benda yang berbahan dasar kain seperti gorden kamar mandi, handuk, keset, dan sejenisnya sebelum memulai pembersihan. Selain itu, demi keamanan harap gunakan sarung tangan serta ikuti instruksi keamanan yang tertera pada botol kemasan pemutih. Kamu juga dilarang mencampurkan bahan lain selain air ke dalam pemutih apalagi yang mengandung amonia!

Hindari menggunakan larutan di atas untuk membersihkan perabotan yang berbahan dasar kayu karena akar dari jamur biasanya menempel sampai ke dalam sehingga pemutih kurang efektif untuk membersihkannya. Bagian terburuknya adalah larutan pemutih tersebut dapat membuat jamur tumbuh lebih banyak. Hanya gunakan larutan di atas untuk membersihkan perabotan yang berbahan dasar ubin atau kaca saja ya! Setelah membersihkan pastikan lagi kamu membilas & mengeringkannya dengan benar.

Baca juga: Selain Cegah Penyakit, Ini Manfaat Menjaga Kebersihan Rumah

Nah itu dia cara simple untuk membersihkan lumut pada keramik kamar mandi. Jika kamu merasakan kendala dalam proses membersihkan WC rumah, kamu dapat memesan jasa kebersihan profesional dan terlatih seperti TukangBersih untuk membantumu membersihkan seluruh rumahmu dengan teliti dan cepat. Jangan ragu untuk menghubungi kami ya!

Baca juga yuk artikel tentang tips kebersihan lainnya dari TukangBersih

Download TukangBersih di PlayStore ataupun AppStore untuk membantu Anda membersihkan rumah secara maksimal!

Whatsapp TukangBersih untuk menanyakan berbagai service yang dapat membantu Anda membersihkan rumah!