Blog


Ternyata Cuka Putih Efektif Membersihkan Mesin Cuci loh! Kok Bisa? Ini Kegunaannya!

Ternyata Cuka Putih Efektif Membersihkan Mesin Cuci loh! Kok Bisa? Ini Kegunaannya!

Dipublikasikan oleh Abraham Liauw 2 years ago - 2 min reads
Ternyata Cuka Putih Efektif Membersihkan Mesin Cuci loh! Kok Bisa? Ini Kegunaannya!

Limbah detergen serta kotoran dari pakaian yang dimasukkan ke dalam mesin cuci dapat membuat bakteri dan kotoran terperangkap didalamnya. Hal tersebut menyebabkan penyumbatan pada bagian dalam mesin cuci yang membuat mekanisme air panas terganggu serta membuat detergen yang dipakai menjadi kurang efektif. Selain itu, mesin cuci yang kotor dapat membuat pakaian mudah ditumbuhi jamur. Cuka putih dapat menjadi salah satu alternatif yang aman untuk membersihkan mesin cuci. Lantas, bagaimana cara mudah membersihkan mesin cuci menggunakan cuka putih? Simak langkah-langkah berikut ini:  

1. Semprotkan Cuka Putih ke Washer Drum

Asam dalam cuka putih memiliki manfaat untuk mengangkat kotoran dan kerak yang menempel pada mesin cuci dengan lebih mudah. Pertama-tama, masukkan cuka putih secukupnya ke dalam botol spray kosong lalu semprotkan ke dalam washer drum secara merata. Diamkan beberapa saat kemudian lap dengan kain microfiber sampai bersih.

2. Tuangkan Cuka Putih ke dalam Tempat Detergen


Tempat detergen juga perlu dibersihkan karena keefektifannya akan berkurang jika kotor. Tuangkan 2 cup cuka putih ke dalam tempat detergen dan nyalakan mesin cuci selama kurang lebih 10 menit menggunakan air yang panas untuk membunuh bakteri dan jamur.

3. Tambahkan Baking Soda

Setelah bagian dalam drum washer dibersihkan dengan cuka putih, tambahkan setengah cup baking soda ke dalam bagian drum washer dan jalankan kembali mesin cuci menggunakan settingan waktu dan suhu air yang sama dengan tahap sebelumnya.

4. Kuras dan Keringkan

Kuras air yang berada di dalam drum washer dan biarkan dalam kondisi terbuka untuk mengeringkan bagian dalamnya agar jamur di dalam nya teruap keluar.

5. Bersihkan Karet di Sekitar Pintu

Tidak hanya badan luar mesin, karet di sekitar pintu drum washer banyak menyimpan endapan kotoran seperti lumut dan rambut. Ada baiknya untuk membersihkan karet tersebut dengan cara di lap menggunakan kain microfiber.


Nah, itulah langkah-langkah membersihkan mesin cuci menggunakan bahan-bahan natural seperti contohnya cuka putih. Yuk jaga kebersihan mesin cuci mu dengan rutin membersihkannya minimal seminggu atau dua minggu sekali agar tetap awet dan terhindar dari bakteri dan jamur.


More Blogs