Blog


5 Tips Menjaga Kebersihan Kamar Mandi Apartemen

5 Tips Menjaga Kebersihan Kamar Mandi Apartemen

Dipublikasikan oleh Abraham Liauw 9 months ago - 3 min reads
5 Tips Menjaga Kebersihan Kamar Mandi Apartemen

Apartemen merupakan salah satu hunian alternatif yang memberikan kenyamanan tersendiri. Kendati demikian, kenyamanan yang didapatkan tidak lepas dengan perawatan termasuk membersihkan bagian kamar mandi. Lantas, bagaimana cara menjaga kebersihan kamar mandi di apartemen?

Tips Membersihkan Kamar Mandi

Tak jauh berbeda dengan rumah tapak, kebersihan kamar mandi apartemen pun harus diperhatikan. Terlebih lagi jika ukuran apartemen yang sempit dan posisinya berada dalam satu bangunan, mengharuskan perawatan yang tepat. Nah, berikut ini ada beberapa tips menjaga kebersihan kamar mandi apartemen.

1. Bersihkan Kloset

Tips pertama merawat kamar mandi adalah membersihkan bagian kloset. Umumnya, semua apartemen menggunakan kloset duduk di kamar mandi. Anda bisa gunakan cairan pembersih lalu gosok dengan sikat kasar pada bagian pinggir serta cekungan dalamnya. Bila melihat noda yang sulit hilang, tuangkan cairan pemutih, lalu diamkan beberapa menit. Setelah itu, sikat dengan kencang dan siram menggunakan shower.

Selain bagian cekungan air, penutup closet juga wajib dibersihkan. Bagian ini bisa Anda bersihkan dengan menggunakan spon dan cairan pembersih. Setelah itu, keringkan seluruh permukaan dengan menggunakan kain. Bila ada noda kasar, Anda bisa lakukan cara yang sama seperti di atas.

2. Bersihkan Wastafel

Bagian berikutnya yang perlu dijaga kebersihannya adalah wastafel. Untuk membersihkannya, cukup gunakan cairan pembersih atau sabun mandi. Selanjutnya, gunakan sikat lalu gosok permukaan wastafel. Jika terlihat kerak pada wastafel, gunakanlah air panas. Cukup sumbat wastafel lalu siram air panas ke dalamnya dan diamkan hingga suhunya turun.

3. Sediakan Tempat Sampah

Kamar mandi memang seringkali menjadi sumber bau tak sedap. Meski begitu, tidak ada salahnya bila meletakkan tempat sampah di sudut tempat tersebut. Hal ini untuk mencegah sampah berceceran di lantai. Dengan begitu, kamar mandi Anda lebih nyaman digunakan.

4. Bersihkan Shower

Membersihkan shower menjadi salah satu cara merawat kamar mandi supaya tetap nyaman digunakan. Bersihkan shower mulai dari gagang sampai tirai shower. Anda bisa menggunakan kain scrub atau spon untuk mengelapnya.

5. Bersihkan Tembok dan Lantai

Bagian lain di kamar mandi yang harus dibersihkan adalah tembok dan lantai. Pada bagian tembok disarankan tidak terlalu banyak memasang ornamen. Selain memudahkan untuk dibersihkan juga tidak membuat tembok menjadi rusak bahkan bolong.

Pada tembok yang dilapisi keramik, Anda bisa menggosoknya sampai bersih. Namun, bila hanya tembok dengan permukaan plesteran saja, Anda bisa mengecat ulang. Pada bagian lantai, lakukan hal sama yakni menyikat atau mengepelnya secara rutin.

Kalau kamar mandi Anda kotor tapi enggak punya waktu untuk membersihkan, tenang. Anda bisa serahkan ke TukangBersih.com. Jasa TukangBersih bukan hanya memberikan layanan cleaning service namun juga house keeping, jasa kebersihan dengan standar setara hotel.

Berikut beberapa jenis pelayanan dari Tukang Bersih:

Daily Cleaning

Daily cleaning merupakan layanan merapikan tempat tidur, membesihkan dari debu, menyapu & vacuuming, dusting, mengepel sampai dengan membersihkan kamar mandi.

General Cleaning

General cleaning, pekerjaan housekeeping secara detail biasanya dilakukan untuk area/tempat yang baru direnovasi atau setelah pindah rumah dan lebih dikenal pembersihan secara menyeluruh atau regular.

High Risk Cleaning

High risk cleaning adalah pembersihan yang biasanya dilakukan dengan menggunakan alat keselamatan saat bekerja seperti: Gondola, Papan Reklame, Kaca Gedung, dan lain sebagainya.

Unduh aplikasi Tukang Bersih di Play Store & App Store

Play Store: Tukangbersih.com

App Store: Tukangbersihindonesia


More Blogs
Lomba Kebersihan
Lomba Kebersihan
1 month ago - 2 min reads