Blog


Ini Benda-Benda yang Sering Menjadi Sarang Kuman Di Rumah

Ini Benda-Benda yang Sering Menjadi Sarang Kuman Di Rumah

Dipublikasikan oleh Abraham Liauw 2 years ago - 3 min reads
Ini Benda-Benda yang Sering Menjadi Sarang Kuman Di Rumah

Kebersihan adalah hal yang penting untuk semua orang. Tentu, tidak hanya memperhatikan kebersihan tubuh saja, anda juga harus menggunakan langkah mudah dengan rajin membersihkan lingkungan atau benda sekitar. Sebab mesti disadari ada banyak benda menjadi di rumah menjadi sarang kuman sehingga wajib dibersihkan.

Benda-Benda yang Jadi Sarang Kuman Di Rumah

Banyak benda disekitar kita yang tidak disadari menjadi sarang kuman dan dapat menyebarkan penyakit. Hal ini terjadi lantaran perilaku yang jarang sekali melakukan kebersihan rutin di rumah. Nah, untuk meminimalisir penularan penyakit dari kuman yang tak terlihat, maka Anda mesti memeriksa benda-benda tertentu yang sangat mungkin terpapar kuman berbahaya. Apa saja itu? Berikut daftar benda yang biasa menjadi tempat kuman bersemayam.

1. Gagang pintu kamar mandi

Benda pertama yang harus Anda perhatikan adalah gagang pintu kamar mandi. Anda harus tahu kalau benda yang satu ini cenderung digenggam oleh banyak orang. Kontaminasi bakteri dari kamar mandi sendiri jauh lebih besar daripada berbagai macam ruangan lainnya. Oleh karenanya, Anda harus rajin melakukan pembersihan pada gagang pintu dengan menggunakan alat dan cairan yang tepat.

2. Talenan

Salah satu benda yang sangat berpotensi menjadi sarang kuman di rumah ialah talenan. Talenan sendiri mempunyai banyak bakteri dari daging yang mentah. Apalagi jika tempat penyimpanan tidak bersih, maka talenan sudah pasti didiami kuman-kuman berbahaya. Jadi, ada baiknya untuk bersihkan talenan sebelum dan setelah dipakai.

3. Spons cuci piring

Sama halnya dengan talenan yang digunakan hampir setiap hari oleh semua orang, spons cuci piring juga mesti diperhatikan kebersihannya. Ada berbagai macam kuman dan bakteri yang akan tersembunyi dalam spons. Perlu diketahui, salah satu bakteri yang paling banyak dalam spons adalah salmonella atau penyebab tifus.

Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan rajin mengganti spons jika sudah menimbulkan bau atau rusak. Jangan terbiasa membiarkan spons dalam keadaan lembap atau basah. Banyaknya kuman yang bersembunyi ini karena adanya pori-pori dalam busa. Hal tersebut tentunya dapat membuat lebih banyak kuman di dalam spons.

4. Saklar lampu

Benda-benda sarang kuman di rumah lainnya yang tidak banyak orang sadari adalah saklar lampu. Tidak hanya Anda saja orang yang akan menyalakan atau menutup lampu. Banyak tangan orang lain juga yang menyentuh saklar. Penggunaan yang sering juga membuat saklar menjadi kotor. Jadi, Anda harus bersihkan dengan kain lembut dan sudah disemprot desinfektan.

5. Remote control

Selain spons, benda kecil yang terlihat sepele namun berpotensi terkontaminasi kuman adalah remot kontrol. Remote menjadi salah satu benda yang digunakan secara bergantian. Selain itu, banyak yang meletakkan remote di sembarang tempat. Maka dari itu, bersihkan spon dengan cairan pembunuh kuman dan keringkan menggunakan lap bersih.

Itulah tadi beberapa benda yang mungkin menjadi sarang kuman di rumah. Pastikan rumah dan barang-barang Anda sudah steril dari kuman penyakit. Bila bingung mau membersihkan rumah, gunakan layanan TukangBersih sekarang. Jasa TukangBersih bukan hanya memberikan layanan cleaning service namun juga housekeeping, jasa kebersihan dengan standar setara hotel.

Berikut beberapa jenis pelayanan dari Tukang Bersih:

Daily Cleaning

Daily cleaning merupakan layanan merapikan tempat tidur, membersihkan dari debu, menyapu & vacuuming, dusting, mengepel sampai dengan membersihkan kamar mandi.

General Cleaning

General cleaning, pekerjaan housekeeping secara detail biasanya dilakukan untuk area/tempat yang baru direnovasi atau setelah pindah rumah dan lebih dikenal pembersihan secara menyeluruh atau regular.

High Risk Cleaning

High risk cleaning adalah pembersihan yang biasanya dilakukan dengan menggunakan alat keselamatan saat bekerja seperti: Gondola, Papan Reklame, Kaca Gedung, dan lain sebagainya.

Unduh aplikasi Tukang Bersih di Play Store & App Store

Play Store: Tukangbersih.com

App Store: Tukangbersihindonesia