Blog


Kenali 4 Jenis Kuman yang Ada di Rumah dan Bahayanya bagi Kesehatan

Kenali 4 Jenis Kuman yang Ada di Rumah dan Bahayanya bagi Kesehatan

Dipublikasikan oleh Abraham Liauw 9 months ago - 3 min reads
Kenali 4 Jenis Kuman yang Ada di Rumah dan Bahayanya bagi Kesehatan

Mungkin banyak yang berpikir kalau kuman dan bakteri hanya terdapat di tempat-tempat yang kotor saja seperti kamar mandi. Namun kenyataannya kuman dapat muncul bahkan di sudut dan tempat di rumah Anda yang kelihatannya bersih sekalipun. Jenis Kuman yang Ada di Rumah pun juga beragam  dan dapat membahayakan kesehatan.

Kenapa membersihkan rumah secara rutin sangat penting? Yup, sebab di tempat yang bersih bisa saja masih terdapat kuman, apalagi di tempat yang kotor. Keberadaan kuman dan bakteri ini tidak boleh dianggap remeh karena saat ini terdapat banyak sekali penyakit berbahaya yang dihasilkan dari kuman serta bakteri tersebut.

4 Jenis Kuman yang Ada di Rumah

Lantas apa saja jenis kuman yang ada di rumah dan bahayanya? Berikut adalah penjelasannya:

1. Escherichia coli

Escherichia coli, atau yang juga dikenal sebagai Ecoli adalah satu dari beberapa jenis bakteri yang dapat muncul di lantai rumah Anda. Walaupun sebenarnya bakteri E coli ini adalah jenis bakteri yang tidak berbahaya untuk tubuh manusia, dan bahkan bisa membantu mempelancar pencernaan. Namun, jika terdapat di luar tubuh seperti halnya di lantai kamar mandi, bukan tidak mungkin bakteri ini bisa menjadi berbagai merugikan seperti diare, sakit perut, serta mual. Ketika Ecoli berkembang pada permukaan kamar mandi, maka dapat membuat Anda dan keluarga rentan terjangkit berbagai macam penyakit.

2. Streptococcus

Kuman yang terdapat di rumah berikutnya adalah Streptococcus. Bakteri ini dapat membuat infeksi serta memunculkan penyakit yang berbahaya seperti radang tenggorokan, pneumonia, erisipelas, meningitis, necrotizing fasciitis, hingga endokarditis. Bakteri Streptococcus pada dasarnya adalah bakteri yang berkembang dalam tubuh manusia serta tidak berbahaya. Tetapi seperti halnya Ecoli, bakteri ini dapat menimbulkan masalah kesehatan apabila berada di luar tubuh.

3. Staphylococcus aureus

Staphylococcus aureus adalah jenis kuman di dalam rumah yang bisa menyebabkan infeksi staph. Kondisi staph itu adalah salah satu penyebab utama dari penyakit kulit pada manusia, mulai dari bisul sampai infeksi internal. Staph mempunyai ciri mudah menular. sehingga dapat menyebar dari orang ke orang. staph juga bisa jadi penyebab keracunan makanan yang disusul dengan mual, muntah, atau sakit perut. Walaupun jarang terjadi, namun infeksi staph juga bisa mematikan, terutama jika bakteri tersebut mulai menyerang aliran darah.

4. Shigella

Bakteri dan kuman di dalam rumah yang terakhir adalah Shigella. Seperti namanya, bakteri tersebut dapat menjadi penyebab penyakit shigellosis. Penyakit tersebut dapat membuat usus penderitanya menjadi infeksi. Walaupun sebenarnya infeksi usus dikarenakan bakteri Shigella bisa sembuh sendiri, tetapi bila tidak mendapat penanganan yang tepat, maka infeksi tersebut dapat semakin menjadi penyakit yang makin berbahaya seperti disentri.

Itulah tadi beberapa jenis kuman yang ada di rumah serta bahaya yang dapat ditimbulkan. Kuman dan bakteri dapat muncul di mana saja tanpa Anda sadari. Karena itu tetap jaga kebersihan dan lakukan pola hidup sehat. Bersihkan seluruh rumah dengan gunakan jasa TukangBersih.com. Jasa TukangBersih bukan hanya memberikan layanan cleaning service namun juga housekeeping, jasa kebersihan dengan standar setara hotel.

Berikut beberapa jenis pelayanan dari Tukang Bersih:

Daily Cleaning

Daily cleaning merupakan layanan merapikan tempat tidur, membersihkan dari debu, menyapu & vacuuming, dusting, mengepel sampai dengan membersihkan kamar mandi.

General Cleaning

General cleaning, pekerjaan housekeeping secara detail biasanya dilakukan untuk area/tempat yang baru direnovasi atau setelah pindah rumah dan lebih dikenal pembersihan secara menyeluruh atau regular.

High Risk Cleaning

High risk cleaning adalah pembersihan yang biasanya dilakukan dengan menggunakan alat keselamatan saat bekerja seperti: Gondola, Papan Reklame, Kaca Gedung, dan lain sebagainya.

Unduh aplikasi Tukang Bersih di Play Store & App Store

Play Store: Tukangbersih.com

App Store: Tukangbersihindonesia


More Blogs
Lomba Kebersihan
Lomba Kebersihan
1 month ago - 2 min reads