Blog


Ternyata Ini Dia Bahan Ampuh Pengganti Coca Cola untuk Menghilangkan Karat!

Ternyata Ini Dia Bahan Ampuh Pengganti Coca Cola untuk Menghilangkan Karat!

Dipublikasikan oleh Awanda Santoso 2 years ago - 2 min reads
Ternyata Ini Dia Bahan Ampuh Pengganti Coca Cola untuk Menghilangkan Karat!

Noda karat pada peralatan yang terbuat dari metal emang nyebelin banget karena membuatnya jadi rusak dan tidak dapat dipakai lagi. Umumnya, karat dapat terjadi karena pengaruh udara lembap maupun air yang membuat metal teroksidasi dan merubah warnanya menjadi kecokelatan serta mengeluarkan bau yang khas. Akhirnya, benda yang berkarat ini tidak boleh dipakai lagi deh karena dapat menyebabkan keracunan logam hingga memicu kanker jika sampai masuk ke dalam tubuh. Biasanya untuk mengatasi masalah ini, minuman bersoda seperti coca-cola populer diberitakan sebagai alat alternatif yang masyarakat gunakan untuk membersihkan noda karat tersebut bukan? Namun tahukah kamu bahwa soda ini juga jadi meninggalkan noda pasca pemakaiannya.

Kali ini mimin mau kasih tau kamu bahan-bahan alami pengganti coca-cola yang nyatanya lebih efektif untuk membersihkan karat! Kira-kira apa aja sih bahan-bahan tersebut? Yuk baca artikel ini sampai habis!

1. Lemon


Sari buah lemon mengandung 4-8% asam sitrat yang efektif untuk meluruhkan karat dan membunuh bakteri. Karena merupakan bahan organik, berita baiknya adalah residu buah lemon tidak mencemari lingkungan dan tidak meninggalkan noda seperti coca-cola.

2. Baking Soda


Bahan yang satu ini cukup populer digunakan masyarakat sebagai salah satu alternatif untuk membersihkan berbagai macam peralatan. Kandungan alkali yang dihasilkan dari baking soda terbukti cukup abrasif untuk menghilangkan noda karat pada permukaan benda.

Ingin lebih ampuh lagi? Kamu bisa juga untuk coba mencampurkan kedua bahan di atas!

Asam sitrat dalam sari lemon dapat bereaksi jika dicampurkan dengan kandungan dari sodium bikarbonat (baking soda). Larutan ini akan membentuk karbondioksida yang dapat melunakkan serta meluruhkan karat pada permukaan benda.

Cara membuat larutan tersebut cukup sederhana:

Pertama-tama, peras lemon untuk mengambil sarinya lalu campurkan ke baking soda secukupnya;

Aduk campuran ini hingga kamu melihatnya membentuk pasta;

Oleskan pasta yang mengental ini ke bagian berkarat yang kamu ingin hilangkan;

Diamkan beberapa saat dan gosok bagian tersebut sambil dibilas dengan air sampai bersih.

Nah itu dia cara lain yang ternyata lebih ampuh membersihkan benda berkarat dengan bahan-bahan alami yang sederhana tanpa menyisakan bekas tanda! Penasaran ingin membuktikannya sendiri?

Oiya, jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu benda yang ingin kamu angkat karatnya ya! Selamat mencoba!